forex trading logo

Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Czech English French German Hindi Italian Japanese Korean Portuguese Russian Spanish

Link SKPD

LPSE SULTENG

Bappeda Sulteng

dishubkominfo.sulteng.go.id

Dinas Pekerjaan Umum Daerah Provinsi Sulteng

ESDM SULTENG

Dinas Kesehatan Daerah Sulteng

Badan Penelitian & Pengembangan Daerah Propinsi Sulteng

Dinas Pendidikan Daerah Sulteng

KUMPERIND.SULTENG.GO.ID

DINAS SOSIAL DAERAH SULTENG

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan

BKPPD SULTENG

Dinas Kelautan & Perikanan Sulteng

Dinas Pertanian

BADAN KESBANGPOL LINMAS SULTENG

Biro Hukum

KP2TD SULTENG

disbudpar.sulteng.go.id

INSPEKTORAT.SULTENG.GO.ID

Home Kota Palu
Kota Palu PDF Print E-mail
Written by Webmaster   
Friday, 04 November 2011 05:22

Selamat datang di Kota Palu

Luas Wilayah Kota Palu adalah 395,06 km²  terletak pada 0º, 36” - 0º, 56” Lintang Selatan dan 119º, 45” - 121º, 1” bujur timur dan berada tepat dibawah lintang garis khatulistiwa. Memiliki 4 Kecamatan dengan 43 Kelurahan.
Kecamatan tersebut terbagi atas kecamatan Palu Utara, Kecamatan palu Timur, Kecamatan Palu Barat dan Kecamatan Palu Selatan. Kota Palu memiliki landscape khas yang unik. Dibelah oleh aliran sungai yang mengalir dari selatan. Sisi Barat dan Timur Kota Palu adalah pegunungan indah yang ceruk lonjongnya kearah utara membentuk garis pesisir teluk yang menawan. Dimensi gunung, sungai, laut dan pesisir teluk itu memberi ciri khas tersendiri bagi Kota Palu atau disebut juga sebagai kota empat dimensi.

 

KAPAL WISATA PESIAR & CAFE TERAPUNG TELUK PALU

Pada saat ini, Teluk Palu yang keindahannya menjadi lengkap berkat kehadiran jejeran Pegunungan Gawalise itu sedikit demi sedikit mulai dipoles.Salah satu upaya pemolesan yang telah dilakukan ialah membangun Jembatan Palu 4 di depan Teluk Palu. Jembatan yang menghubungkan Kecamatan Palu Timur dan Palu Barat itu diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Mei 2006.

 


Jembatan IV

Jembatan tersebut merupakan kebanggaan warga Kota Palu karena merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia dan ketiga di dunia setelah Jepang dan Prancis. Keberadaan jembatan itu sekaligus menambah indahnya pemandangan Teluk Palu pada malam hari.Keindahan jembatan pada waktu malam juga dapat dinikmati dari pesawat yang melintas di atas Teluk Palu. Dari atas pesawat, penumpang dapat melihat dengan jelas gambaran teluk yang ditandai dengan cahaya lampu.

 

Makam Dato Karama

Terletak di Kampung Lere, Kota Palu, merupakan saksi sejarah masuknya agama Islam pertama di Sulawesi Tengah. Nama asli Dato Karama adalah Abdullah Raqie, seorang tokoh agama Islam asal Minangkabau, Sumatera Barat.

 

 

Rumah Raja / Sou Raja

Rumah raja atau Sou Raja atau juga disebut Banua Mbaso yang berarti rumah besar. Rumah berbentuk panggung ini merupakan warisan nenek moyang keluarga para bangsawan suku Kaili. Saat ini banua mbaso masih dapat dilihat di Kabupaten Sigi, Tavaili, Donggala  dan Kabupaten Parigi Moutong
Di Kota Palu dapat dilihat rumah Sou Raja yang masih terawat  di Kampung Lere

 

 

Pantai Talise Beach

Pantai Talise yang terbentang sepanjang jalan Raja Moili  dan Jalan Cut Mutiah merupakan obyek wisata bahari yang memiliki panorama indah. Obyek wisata ini cocok untuk olahraga selancar angin, ski air dan sebagainya. Di pantai ini juga pengunjung dapat menikmati terbenamnya matahari di sela sela gunung Gawalise  sambil menyaksikan para nelayan menjala ikan.

Pada malam hari, pantai yang terletak di tengah kota Palu banyak dikunjungi masyarakat untuk menikmati makanan dan minuman tradisional.

*Sumber Dinas Kebudayaan & Pariwisata Sulteng

 

Last Updated on Friday, 04 November 2011 05:56
 


Copyrigh © 2001 - 2011 Situs Resmi Pemda Propinsi Sulawesi Tengah - All Rights Reserved - Penampilan ke-3 Sejak online Tahun 2001 - di Kelola Oleh BAPPEDA SULTENG.