forex trading logo

Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Czech English French German Hindi Italian Japanese Korean Portuguese Russian Spanish

Link SKPD

LPSE SULTENG

Bappeda Sulteng

dishubkominfo.sulteng.go.id

Dinas Pekerjaan Umum Daerah Provinsi Sulteng

ESDM SULTENG

Dinas Kesehatan Daerah Sulteng

Badan Penelitian & Pengembangan Daerah Propinsi Sulteng

Dinas Pendidikan Daerah Sulteng

KUMPERIND.SULTENG.GO.ID

DINAS SOSIAL DAERAH SULTENG

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan

BKPPD SULTENG

Dinas Kelautan & Perikanan Sulteng

Dinas Pertanian

BADAN KESBANGPOL LINMAS SULTENG

Biro Hukum

KP2TD SULTENG

disbudpar.sulteng.go.id

INSPEKTORAT.SULTENG.GO.ID

Home Kab Poso
Kab Poso PDF Print E-mail
Written by Webmaster   
Friday, 04 November 2011 05:36

Pesona Air Terjun Saloupa dan Danau Poso

Amazing at Saloupa



Air terjun Saluopa
merupakan salah satu air terjun bersusun 12 tingkat. Keunikannya karena pengunjung dapat naik ke tingkat paling atas melalui batu-batuan yang tidak berlumut di bawah derasnya air.
Di sekitar air terjun terdapat hutan tropis, hal ini  menambah keindahan panorama alam Air Terjun Saluopa. Air Terjun Saluopa terletak di sebelah barat kota Tentena, ibu kota kecamatan Pamona Utara kabupaten Poso. Untuk mencapai air diterjun dapat digunakan kendaraan darat dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh  500 M

DANAU POSO
Danau Poso yang terluas di Sulawesi Tengah dengan luas kurang lebih 32.000 ha dan terletak di rute jalur utama dari Toraja di bagian Selatan, Gorontalo dan Manado di bagian Utara. Kota Tentena yang merupakan tempat persinggahan  yang sangat terkenal dengan keindahan Danau Poso membuat pengunjung merasa senang dengan tempat ini. Danau ini yang panjangnya kurang lebih 32 km dengan lebar kurang lebih 16 km dan mempunyai kedalaman danau mencapai 510 meter. Pemandangan yang indah dengan hamparan pasir putih , airnya yang jernih sepanjang tahun serta suhu udaranya yang sejuk  membuat kota Tentena sangat menyenangkan untuk dikunjungi. Danau poso ini dapat dijangkau dengan semua jenis kendraan darat  sekitar 57 km dari kota Poso atau sekitar 283 km dari kota Palu.

 

 

Gua Pamona dan Luluhur Orang Poso

JIKA mengunjungi Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng), sempatkanlah singgah ke Gua Pamona. Gua tersebut terletak persis di sebelah Danau Poso, kawasan yang sudah terkenal keindahannya sehingga telah menjadi salah satu tujuan wisata mistis dan unik karena letak sebagian Gua tersebut berada di bawah Danau Poso.

Gua yang namanya sama dengan suku asli orang Poso tersebut terletak di Desa Sangele, Kecamatan Pamona Utara, 56 kilometer dari Kota Poso.

Mulut Gua Pamona menghadap ke selatan dengan lebar dua meter. Sebagian jalan di gua tersebut memiliki ketinggian kurang dari satu meter, sehingga memaksa pengunjungnya untuk berjalan sambil berjongkok.

 

 

 

 

 

Pantai Pasir Putih Siuri Danau Poso

Pantai indah pasir putih ini berada di Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso merupakan salah satu primadona objek wisata di Sulawesi Tengah. Letaknya sangat strategis di jantung Pulau Sulawesi dan mudah di jangkau dengan transportasi darat (jalur Trans Sulawesi). Danau Poso adalah perpaduan panorama pegunungan dan danau yang indah dan berhawa sejuk karena terletak pada ketinggian 650 meter di atas permukaan laut. Airnya jernih sepanjang tahun dengan pantai yang berpasir putih.

 

 

 

 

 

 

Taman Anggrek Bancea

Selain danau Poso dan Gua Latea, Kabupaten Poso masih memiliki objek wisata alam yang menarik seperti Hutan Wisata Alam Bancea atau yang lebih popular dengan sebutan taman anggrek bancea. Luas taman ini mencapai 5.000 Ha , kawasan ini merupakan salah satu habitat asli dari anggrek hitam (coelogyne pandurata). anggrek hitam inilah yang mnjadi icon dari Taman Anggrek Bancea.Selain anggrek hitan dalam kawasan taman anggrek alam ini dapat pula ditemukan berbagai jenis anggrek alam lainnya. Udara disini terasa sangat sejuk dan alami hal ini dikarenakan didalam taman ini banyak ditumbuhi jenis pohon Pinus.

*Sumber Dinas Kebudayaan & Pariwisata Sulteng

Last Updated on Friday, 04 November 2011 06:04
 


Copyrigh © 2001 - 2011 Situs Resmi Pemda Propinsi Sulawesi Tengah - All Rights Reserved - Penampilan ke-3 Sejak online Tahun 2001 - di Kelola Oleh BAPPEDA SULTENG.