forex trading logo

Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Czech English French German Hindi Italian Japanese Korean Portuguese Russian Spanish

Link SKPD

LPSE SULTENG

Bappeda Sulteng

dishubkominfo.sulteng.go.id

Dinas Pekerjaan Umum Daerah Provinsi Sulteng

ESDM SULTENG

Dinas Kesehatan Daerah Sulteng

Badan Penelitian & Pengembangan Daerah Propinsi Sulteng

Dinas Pendidikan Daerah Sulteng

KUMPERIND.SULTENG.GO.ID

DINAS SOSIAL DAERAH SULTENG

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan

BKPPD SULTENG

Dinas Kelautan & Perikanan Sulteng

Dinas Pertanian

BADAN KESBANGPOL LINMAS SULTENG

Biro Hukum

KP2TD SULTENG

disbudpar.sulteng.go.id

INSPEKTORAT.SULTENG.GO.ID

Home Kab Parigi Moutong
Kab Parigi Moutong PDF Print E-mail
Written by Webmaster   
Friday, 04 November 2011 05:37

Obyek dan Daya Tarik Wisata Parigi Moutong

Kabupaten Parigi Moutong
Terbentuk pada tanggal 10 April 2002 dengan Parigi sebagai ibukota kabupaten dan memiliki luas wilayah 6.231,85 km². Letak Kabupaten Parigi Moutong dapat dikatakan sangat strategis karena menghubungkan Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah atau disebut dengan kabupaten Lintas segitiga Emas. Wilayah kabupaten Parigi Moutong memiliki batas-batas wilayah :
Sebelah Utara        : Berbatasan dengan Kabupaten Buol, Kabupaten Tolitoli dan Provinsi Gorontalo
Sebelah Selatan    : Berbatasan dengan Kabupaten Poso dan Provinsi Sulawesi Selatan
Sebelah Barat        : Berbatasan dengan Kota Palu dan Kabupaten Donggala
Sebelah Timur       : Berbatasan dengan Teluk Tomini

Berdasarkan keadaan alam wilayah parigi moutong terdiri dari daratan, pantai dan hamparan pegunungan yang luas. Di Kabupaten Parigi Moutong beberapa tempat yang dapat ditemui yang menjadi objek-objek wisata yang berpotensi menjadi daya tarik bagi kunjungan wisatawan ketempat ini, antara lain tebing Likunggavali, pantai nalera dan bekas istana Tinombo. Sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Sulawesi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong juga memiliki sarana wisata dan penunjang yang cukup memadai, seperti penginapan, rumah makan, bank dan sarana transportasi darat maupun Laut.  Jarak dari Palu Ibukota Provinsi – Kabupaten Parigi moutong 65 km dan dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan umum dan pribadi dengan waktu tempuh kurang dari 2 jam.

Tebing Likunggavali

PANJAT TEBING LIKUNGGAVALI.
Olahraga panjat tebing ini dapat dilakukan di Likunggawali, Marantale karena disini terdapat tebing yang curamnya mencapai 80 meter sehingga tempat ini menjadi salah satu obyek panjat tebing yang terbaik. Ada juga air terjun Toramaya yang berjarak 4 kilometer dari Desa Towera dimana kita dapat melihat sarang burung walet sarang putih (collocalia fuciphagus).
Bagi wisatawan yang senang trekking/hiking maka Lingkunggawali juga menjadi pintu masuk trekking dari pantai timur ke pantai barat dengan rute Likunggawali ke Janaedo selama 3 hari perjalanan. Obyek wisata ini dapat dijangkau dengan kendaraan roda empat kurang lebih 3 jam dari Palu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tugu Khatulistiwa

Kebanyakan orang Indonesia hanya tahu tugu khatulistiwa yang terdapat di kota Pontianak, padahal selain di Pontianak tugu khatulistiwa lainnya terdapat di Desa Khatulistiwa Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong Propinsi Sulawesi Tengah, berada di tepi jalan poros Parigi – Gorontalo.Daerah ini terletak di bagian utara kabupaten Parigi, berbatasan dengan Provinsi Gorontalo, sekitar 271 km sebelah Utara Parigi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pantai Bambalemo & Cottage

Bambalemo terletak di keluarahan bambalemo kecamatan Parigi, Pantai ini letaknya tidak terlalu jauh dari ibukota kab Parigi Moutong, dapat di tempuh dengan kendaraan roda 2 dan 4 dalam waktu kurang lebih 10 menit.

Sumber: Dinas Kebudayaan & Pariwisata, serta beberapa foto terkait.
Last Updated on Friday, 04 November 2011 06:27
 


Copyrigh © 2001 - 2011 Situs Resmi Pemda Propinsi Sulawesi Tengah - All Rights Reserved - Penampilan ke-3 Sejak online Tahun 2001 - di Kelola Oleh BAPPEDA SULTENG.