forex trading logo

Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Czech English French German Hindi Italian Japanese Korean Portuguese Russian Spanish

Link SKPD

LPSE SULTENG

Bappeda Sulteng

dishubkominfo.sulteng.go.id

Dinas Pekerjaan Umum Daerah Provinsi Sulteng

ESDM SULTENG

Dinas Kesehatan Daerah Sulteng

Badan Penelitian & Pengembangan Daerah Propinsi Sulteng

Dinas Pendidikan Daerah Sulteng

KUMPERIND.SULTENG.GO.ID

DINAS SOSIAL DAERAH SULTENG

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan

BKPPD SULTENG

Dinas Kelautan & Perikanan Sulteng

Dinas Pertanian

BADAN KESBANGPOL LINMAS SULTENG

Biro Hukum

KP2TD SULTENG

disbudpar.sulteng.go.id

INSPEKTORAT.SULTENG.GO.ID

Home Kab Morowali
Kab Morowali PDF Print E-mail
Written by Webmaster   
Friday, 04 November 2011 05:38

Danau Tiu

Kabupaten Morowali menyimpan potensi wisata alam yang tak kalah dengan daerah lainnya di Sulawesi Tengah, salah satu diantaranya adalah Danau Tiu yang terletak di kecamatan Petasia, kabupaten Morowali , Danau ini berpotensi untuk dikembangkan sebagai tujuan wisata utama di Kabupaten tersebut namun belum terpromosikan dengan baik, tak heran bila nama danau ini masih terdengar asing bahkan oleh masyarakat Morowali sendiri.

Suku Wana
Karakteristik budaya “Masyarakat Adat Wana” menawarkan persentuhan alami yang sungguh-sungguh eksotis. Selama ini Masyarakat Adat Wana menjadi salah satu target kunjungan wisatawan asing dan lokal. Kesederhanaan dan cara pandang tentang alam (pengale) menyebabkan mereka masih memegang teguh adat istiadat. Tersebar dalam wilayah mukim di Posangke, Kayupoli, dan Kajumarangka dengan kemampuan mobilitas luas (peladang berpindah dengan sistem rotasi), memiliki seni yang tinggi dalam wujud kerajinan rotan, seni membuat sumpit sebagai alat berburu dengan budaya hidup berupa Momago dan Momata yang terpelihara baik hingga sekarang

Teluk Tomori
Potensi Teluk Tomori juga menjadi andalan utama dimana pantai dan gugusan pulau-pulau menawarkan keindahan khas wisata bahari. Pantai Kolonodale dengan perairan laut yang tenang karena gugusan pegunungan disertai kitaran pemukiman penduduk menjadi pemandangan tersendiri dalam melihat dinamika sosial budaya masyarakat Kolonodale. Belum lagi pulau-pulau dengan pantai pasir putihnya yang mencuap ditengah gelombang laut. Hamparan mangrove serta jajaran pemukiman nelayan seperti dipulau Tokonanaka, Lapangga, Tanjung Tante, Tanjung Poso, Kosa dan Gililana, gugusan karst yang berdiri kokoh ditengah laut semakin memperindah suasana pantai.

CAGAR ALAM MOROWALI

Cagar Alam Morowali (CAM) luasnya 225.000 Ha terletak di Kabupaten Morowali. CAM berfungsi sebagai pelindung hutan tropis di Pulau Sulawesi. Ekosistem yang ada dalam kawasan lindung beranekaragam mulai dari pantai, hutan mangrove, hutan alluvial dataran rendah, hutan rawa, hutan pegunungan dan hutan lumut pada ketinggian 2.600 meter di atas permukaan laut. Kawasan ini juga memiliki danau dan tiga sungai utama.

*Sumber Dinas Kebudayaan & Pariwisata Sulteng

Last Updated on Friday, 04 November 2011 07:18
 


Copyrigh © 2001 - 2011 Situs Resmi Pemda Propinsi Sulawesi Tengah - All Rights Reserved - Penampilan ke-3 Sejak online Tahun 2001 - di Kelola Oleh BAPPEDA SULTENG.