forex trading logo

Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Czech English French German Hindi Italian Japanese Korean Portuguese Russian Spanish

Link SKPD

LPSE SULTENG

Bappeda Sulteng

dishubkominfo.sulteng.go.id

Dinas Pekerjaan Umum Daerah Provinsi Sulteng

ESDM SULTENG

Dinas Kesehatan Daerah Sulteng

Badan Penelitian & Pengembangan Daerah Propinsi Sulteng

Dinas Pendidikan Daerah Sulteng

KUMPERIND.SULTENG.GO.ID

DINAS SOSIAL DAERAH SULTENG

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan

BKPPD SULTENG

Dinas Kelautan & Perikanan Sulteng

Dinas Pertanian

BADAN KESBANGPOL LINMAS SULTENG

Biro Hukum

KP2TD SULTENG

disbudpar.sulteng.go.id

INSPEKTORAT.SULTENG.GO.ID

Home Kab Tojo una-una
Kab Tojo una-una PDF Print E-mail
Written by Webmaster   
Friday, 04 November 2011 05:38

Kepulauan Togian

Bagi wisatawan pecinta laut dan pantai, pulau-pulau Togean merupakan tujuan yang tak terlupakan saat berkunjung ke Sulawesi. Kepulauan ini terletak di taman laut Togean kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah. Di sana Anda akan menikmati pemandangan yang fantastis dunia bawah laut yang eksotis, dengan beragam jenis karang dan kepiting, termasuk kepiting kenari yang indah dan langka.
Banyak hal yang dapat Anda lakukan di pulau-pulau ini, seperti berjemur di kehangatan matahari tropis, memancing, berenang, berlayar, dan menyelam yang dapat dilakukan kapan saja. Pulau yang besar dan kecil, yang dihuni babi liar dan Tangkasi, bersama dengan pemukiman suku Bajo akan semakin melengkapi keindahan alam tempat ini.

Kegiatan sehari-hari para nelayan lokal dan deretan cottage libur di sepanjang pantai juga menambah keindahan pemandangan Togean. Pulau-pulau kecil yang bersih, pantai berpasir putih, menjadi lokasi yang bagus bagi wisatawan yang menikmati dengan berjemur sambil menikmati matahari terbenam.
Pulau-pulau ini ditutupi dengan hutan yang belum terjamah yang telah menjadi perlindungan bagi hewan-hewan di dalamnya. menarik bagi anda yang ingin liburan. Togean adalah satu-satunya tempat di Indonesia yang memiliki tiga lingkungan karang yang berbeda pada satu lokasi yang sama.
Ketiga terumbu sekarang adalah-atol, karang penghalang dan karang pantai yang semuanya indah dan menjadi habitat flora dan fauna laut. atol adalah suatu pulau, atau pulau, karang yang mengelilingi laguna. Sebuah karang penghalang adalah deretan terumbu karang yang mengelilingi pulau menyerupai benteng atau dinding laut yang 'melindungi' pulau-pulau dari beban gelombang laut. Karang ini tinggi, dari dasar sampai ke permukaan laut mencapai 200m.
Di gugusan Kepulauan Suami terdapat Pulau Batudaka, dan Pulau terbesarnya Yang Mudah dicapai di Kepulauan Togean." Di pulau ini terdapat dua desa-Bomba dan Wakai. Bomba merupakan kawasan perumahan yang terletak di ujung barat laut Kepulauan Togean. Namun tujuan wisata utama adalah Kadidiri Island, dekat Wakai.
Beberapa kilometer pedalaman terdapat air terjun. Wisatawan dapat membuat perjalanan menyenangkan ke air terjun melalui desa-desa yang terletak di wilayah ini. Pulau Kadidiri yang terletak tidak jauh dari Wakai, adalah tempat utama untuk wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Togean. Pulau ini paling populer di kalangan wisatawan untuk pantai yang sangat baik dengan tempat menyelam snorkeling dan besar. Juga ada banyak penginapan murah tersedia, dan di pantai barat kepiting kenari dapat ditemukan di antara batu curam.


Tanjung Api

Kabupaten Tojo Una-una  memiliki salah satu kawasan wisata alam yang sangat unik dan fenomenal yang kerap dikunjungi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara, yakni Cagar alam Tanjung Api, yang secara administratif pemerintahan terletak di Kec. Ampana Kota Dan Ampana Tete, Kabupaten Touna.  Dalam kawasan ini pengunjung bisa menikmati fenomena alam berupa nyala api dari dalam tanah  yang bersumber dari panas bumi dan adanya gua beraliran sungai. Keunikan inilah yang menjadi daya tarik utama tanjung api, dimana api berpijar secara alami dari tanah, setiap kali kita mengeruk pasir maka dengan sendirinya api keluar dari kerukan tanah tersebut. Jika dilihat dari fenomena alam ini, kemungkinan di daerah ini masih tesimpan Liquid Natural gas (LNG) atau gas pijar alam dalam jumlah yang besar namun kekayaan didalamnya tidak bisa dieksploitasi mengingat tempat ini sudah diresmikan menjadi cagar alam pada Februari 1977. Selain itu didekat kawasan ini terletak taman laut yang indah dan alami yang cocok untuk kegiatan snorkelling serta berjemur diatas pasir.

 

*Sumber Dinas Kebudayaan & Pariwisata Sulteng

Last Updated on Friday, 04 November 2011 07:06
 


Copyrigh © 2001 - 2011 Situs Resmi Pemda Propinsi Sulawesi Tengah - All Rights Reserved - Penampilan ke-3 Sejak online Tahun 2001 - di Kelola Oleh BAPPEDA SULTENG.