forex trading logo

Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Czech English French German Hindi Italian Japanese Korean Portuguese Russian Spanish

Link SKPD

LPSE SULTENG

Bappeda Sulteng

dishubkominfo.sulteng.go.id

Dinas Pekerjaan Umum Daerah Provinsi Sulteng

ESDM SULTENG

Dinas Kesehatan Daerah Sulteng

Badan Penelitian & Pengembangan Daerah Propinsi Sulteng

Dinas Pendidikan Daerah Sulteng

KUMPERIND.SULTENG.GO.ID

DINAS SOSIAL DAERAH SULTENG

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan

BKPPD SULTENG

Dinas Kelautan & Perikanan Sulteng

Dinas Pertanian

BADAN KESBANGPOL LINMAS SULTENG

Biro Hukum

KP2TD SULTENG

disbudpar.sulteng.go.id

INSPEKTORAT.SULTENG.GO.ID

Home Berita 9 Tokoh Sulteng Dapat Penghargaan
9 Tokoh Sulteng Dapat Penghargaan PDF Print E-mail
Written by Webmaster   
Friday, 13 April 2012 00:00

Salah satu rangkaian puncak peringatan HUT ke 48 Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat (13/4) lalu, penyerahan piagam penghargaan dan penyematan PIN emas terhadap 9 tokoh bersejarah Sulawesi Tengah. Sosok dan kiprah tokoh-tokoh tersebut  terungkap dalam buku 9 Tokoh Bersejarah Sulawesi Tengah yang diterbitkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulteng. Penetapan tokoh tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur Sulawesi Tengah, Nomor 433/239 tertanggal 26 Maret 2012. Sembilan  tokoh yang dimaksud antara lain Drs. H. Galib Lasahido (mantan Gubernur Sulawesi Tengah), Drs. H. Rusdy Toana (tokoh pers/akademisi), Ladudin Bungkato (tokoh buruh), Alimin Lasasi (tokoh seni), H. Ischak Moro (tokoh politik), J.K. Tumakaka (mantan menteri), H. Hamid Rana (tokoh pers), Masyhuddin Masyhuda, BA (budayawan) dan Dra. Hj. Zulfikar Abdullah (tokoh perempuan).

Buku yang ditulis Jamrin Abubakar itu akan diserahkan Gubernur Sulteng, Longki Djanggola kepada ahli waris 9 tokoh yang tertuang dalam buku tersebut. “Kesembilan tokoh dalam buku ini semuanya telah almarhum yang pada masanya memiliki peran sosial yang cukup menonjol di bidangnya. Sayang mereka nyaris terlupakan di tengah public terutama generasi masa kini, padahal patut menjadi spirit maupun teladan, sehingga patut dituliskan kembali,” kata Jamrin Abubakar sebagai penulis.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Tengah, Siti Norma Mardjanu dalam sambutan buku tersebut menyatakan, penulis buku ini telah berupaya menampilkan sosok-sosok yang cukup menonjol di bidangnya sebagaimana dalam buku ini secara singkat dan padat.  Setidaknya memberi informasi pada pembaca tentang peran setiap tokoh.

“Tokoh yang ditampilkan dalam tulisan ini semuanya telah almarhum dengan beragam latar belakang, yaitu tokoh birokrat, politisi, budayawan, tokoh pendidikan, tokoh seniman, tokoh agama, tokoh buruh, tokoh pers dan tokoh perempuan. Tetapi bukan berarti hanya mereka inilah yang paling bersejarah, melainkan masih ada sejumlah tokoh utama pelaku dan saksi sejarah belum ditulis,” urai Siti Norma.

Buku 9 Tokoh Bersejarah Sulawesi Tengah diberi kata pengantar oleh Gubernur Longki Djanggola dengan penekanan bahwa relevansi buku ini sejalan pula dengan adanya peraturan tentang perlunya pengadaan buku pengayaan, buku referensi dan buku panduan pendidikan bagi perpustakaan sekolah. Karena itulah, buku seri informasi yang berisi biografi singkat tokoh-tokoh Sulawesi Tengah ini dikategorikan sebagai pengayaan mulok (Muatan Lokal), sehingga dapat memenuhi kebutuhan terhadap permintaan bahan bacaan.

 


Copyrigh © 2001 - 2011 Situs Resmi Pemda Propinsi Sulawesi Tengah - All Rights Reserved - Penampilan ke-3 Sejak online Tahun 2001 - di Kelola Oleh BAPPEDA SULTENG.