forex trading logo

Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Czech English French German Hindi Italian Japanese Korean Portuguese Russian Spanish

Link SKPD

LPSE SULTENG

Bappeda Sulteng

dishubkominfo.sulteng.go.id

Dinas Pekerjaan Umum Daerah Provinsi Sulteng

ESDM SULTENG

Dinas Kesehatan Daerah Sulteng

Badan Penelitian & Pengembangan Daerah Propinsi Sulteng

Dinas Pendidikan Daerah Sulteng

KUMPERIND.SULTENG.GO.ID

DINAS SOSIAL DAERAH SULTENG

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan

BKPPD SULTENG

Dinas Kelautan & Perikanan Sulteng

Dinas Pertanian

BADAN KESBANGPOL LINMAS SULTENG

Biro Hukum

KP2TD SULTENG

disbudpar.sulteng.go.id

INSPEKTORAT.SULTENG.GO.ID

Home Berita Korea Selatan Siap Bantu Kapal Nelayan
Korea Selatan Siap Bantu Kapal Nelayan PDF Print E-mail
Written by Webmaster   
Tuesday, 17 July 2012 02:54

Hasil Kunjungan Gubernur Sulteng di Jeo Il Nam-Do

Pemerintah Jeo Il Nam-Do, salah satu wilayah setingkat provinsi yang berada di bagian selatan Korea Selatan, siap untuk memberikan bantuan kapal nelayan kepada provinsi Sulawesi Tengah. Rencana pemberian bantuan ini, merupakan salah satu hasil dari pertemuan yang dilakukan Gubernur Sulteng Drs Longki Djanggola MSi, dengan Gubernur Jeo Il Nam-Do, Joon Yun Park Ph.D, yang dilaksanakan medio pekan kemarin di Korea Selatan.

Namun demikian, rencana pemberian bantuan itu, masih akan ditindaklanjuti, menyangkut beberapa hal teknis lainnya. Termasuk yang masih harus dibicarakan, teknis untuk membawa kapal yang nantinya akan dibagikan kepada kelompok nelayan tersebut, dari Korea Selatan ke Sulawesi Tengah. Pembicaraan soal bantuan kapal untuk nelayan di Sulteng, merupakan salah satu dari beberapa agenda yang dibicarakan, saat Gubernur Sulteng Drs H Longki Djanggola MSi, bertemu dengan Gubernur Jeo Il Nam-Do, salah satu provinsi yang ada di bagian selatan Kota Seoul, Ibukota Korea Selatan. Pertemuan kedua pejabat tersebut, berlangsung medio pekan lalu.

Longki Djanggola, mengunjungi Korea Selatan, bersama Ketua DPRD Sulteng, Prof (Em) Aminuddin Ponulele, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulteng, Amjad Lawasa, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng, DR Hasanuddin Atjo MP, serta bebeberapa pejabat eselon II lainnya. Di Jeo Il Nam-Do, rombongan Pemprov Sulteng, juga melihat pengelolaan rumput laut yang ada di provinsi tersebut. Diperoleh informasi, kalau rumput laut, merupakan salah satu komoditi andalan provinsi Jeo Il Nam-Do. Sayangnya, kondisi geografis Jeo Il Nam-Do, yang merupakan wilayah sub tropis, sehingga menjadi kendala dalam hal produktivitas rumput laut.

Saat ini, di Korea Selatan, sedang berada di musim panas. Tidak lama lagi akan memasuki musim gugur, lalu musim dingin. Di musim dingin yang merupakan waktu turunnya salju, maka otomatis produksi rumput laut jadi terhenti. Olehnya, pemerintah Jeo Il Nam-Do, mencoba untuk membangun jaringan dengan Pemprov Sulteng, untuk memasok kebutuhan bahan baku rumput laut. Dalam pembicaraannya, Gubernur Sulteng, sangat menyambut baik keinginan pemerintah Jeo Il Nam-Do tersebut, namun Longki Djanggola, menginginkan agar yang dikirim bukan bahan baku dalam bentuk mentah, tetapi minimal dalam bentuk setengah jadi. Dengan demikian, pemerintah atau kalangan pengusaha rumput laut di Jeo Il Nam-Do, harus menanamkan investasinya di Sulteng, untuk membangun pabrik untuk mengolah rumput laut basah, menjadi setengah jadi yang kemudian diekspor ke Korea Selatan.

Tawaran tersebut, agar pemerintah Sulteng memiliki bargaining. Dengan kata lain, jika pengusaha dari Jeo Il Nam-Do, mau menanamkan investasinya di Sulteng, maka akan tercipta banyak lapangan kerja, serta hasil rumput laut Sulteng akan lebih memiliki nilai jual. (Sumber Radar Sulteng)

 


Copyrigh © 2001 - 2011 Situs Resmi Pemda Propinsi Sulawesi Tengah - All Rights Reserved - Penampilan ke-3 Sejak online Tahun 2001 - di Kelola Oleh BAPPEDA SULTENG.